SKTS

SURAT KETERANGAN TINGGAL SEMENTARA ( SKTS )

Pengertian : => Surat Keterangan Kependudukan yang diberikan kepada penduduk WNI Tinggal Sementara sebagai bukti diri bahwa yang bersangkutan telah terdaftar di daerah sebagai penduduk sementara. ( Boro kerja, Pendidikan / Mondok Pesantren )

PROSEDUR :

  • Pemohon menyerahkan Surat Keterangan / Pengantar RT / RW beserta persyaratan Surat Keterangan Pindah Sementara ( SKPS ) / Surat Boro dari daerah asal;
  • Desa / Kelurahan yang ditempati menerima laporan berdasarkan kedatangan penduduk melakukan pendaftaran dengan memverifikasi, validasi atas berkas pengajuan pindah sementara, pemohon pengisian Form. Pemohon Tinggal Sementara ( PTS / F-1.12 ) Permendagri No. 28 Tahun 2005 yang ditandatangani oleh pemohon diketahui oleh Desa / Kelurahan rangkap 3 ( tiga ), Lembar 1 untuk pemohon sebagai pengurusan dokumen SKTS ke Disdukcapil Kabupaten, Lembar 2 untuk Kecamatan tujuan dan Lembar 3 untuk Desa / Kelurahan tujuan;
  • PTS / F-1.12 sebelum dibawa ke Disdukcapil Kabupaten untuk proses penerbitan dokumen SKTS terlebih dahulu dilegalisasi oleh Pejabat Kecamatan untuk pengesahan;
  • Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten menerima berkas pengajuan permohonan untuk diverifikasi, validasi data dengan dilampiri foto berwarna ukuran 2 x 3 = 1 lembar, dan dilanjutkan untuk proses penerbitan dokumen SKTS;
  • Membayar biaya retribusi sebesar Rp. 5000,- ( Lima Ribu Rupiah ).